Harness Your Property Branding Power


SEO|Digital Marketing Communications Bridging

Premhouse.com JAKARTA – Lebih dari sekedar teknologi, internet sesungguhnya berkaitan dengan hubungan antar manusia. Perhatikanlah bagaimana dampak internet yang secara signifikan telah mengubah teknik pendekatan para pengusaha dan pemilik brand, khususnya dibidang properti, dalam upaya mereka membangun komunikasi atau bernegosiasi dengan pelanggan, calon pelanggan (prospek) serta mitra bisnis. Jarak dan waktu tidak lagi menjadi kendala yang berarti bagi mereka, karena jaringan internet memiliki akses global yang mampu menjangkau berbagai belahan dunia secara real time. 

Potensi komunikasi berbasis web ini dapat dilakukan oleh siapapun, bukan hanya perusahaan pengembang raksasa atau brand properti yang sudah terkenal saja, tetapi juga perusahaan atau agent pemasaran properti berskala kecil dan menengah, startup, wirausahawan senior, group, perseorangan (solopreneurship), bahkan personal individu. Internet telah menyediakan support yang memungkinkan pelaku bisnis berinteraksi langsung dengan kustomer dan network 24/7, kapan saja, darimana dan dimana saja. 

Digital Marketing Communications Benefits

Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan web platform secara optimal akan memberikan benefit yang besar karena jaringan internet yang bersifat global memungkinkan setiap pengusaha dan pemasar menjaring peluang dan potensi konsumen tanpa batas. Benefit lain atas penguasaan kegiatan pemasaran melalui media sosial diantaranya:
  • Kendali identitas online berada di tangan pemilik brand
  • Terhubung dengan target market dan network global tanpa batas 
  • Dapat memperoleh feedback langsung dari audience 
  • Edukasi (sumber informasi otentik pintar) karena dipublikasikan oleh expert yang berada dalam lingkungan organisasi perusahaan 
  • Meningkatkan strategi SEO dan web traffic 
  • Menanamkan pengaruh positif (motivasi, inspirasi) 
  • Meningkatkan strategi pemasaran dan PR 
  • Membangun dan menjaga reputasi produk/jasa dengan brand awareness 
  • Dapat merespon komplain dengan lebih cepat sehingga meningkatkan nilai customer service excellence
  •  Membangun hubungan baik dengan loyal customer

Hal ini sekaligus merupakan tantangan bernilai bagi perusahaan dan marketer bidang properti agar mereka dapat mengembangkan ide yang mendorong prospek memasuki proses transaksi melalui jalur konten online, misalnya blog, e-book dan rilis berita terkait properti yang berbobot.

Berbicara tentang blog, secara teknis blog dapat dibangun diluar sistem website korporat lalu diberi link untuk mengakses dari front-end, atau dapat juga ‘ditanam’ dalam website sebagai satu kesatuan platform dengan menambahkan page untuk blog dari back-end. Namun terlepas dari teknis apapun yang digunakan, yang terpenting adalah pemahaman tentang fungsi blog itu sendiri.

Membangun dan mengembangkan blog korporat resmi harus selaras dengan arah kebijakan manajemen perusahaan dalam upaya pengembangan strategi bisnis serta pertanggungjawabannya terhadap shareholder dan stakeholder. 

Berkat kekuatan search engine, blog telah bertransformasi menjadi cara paling efektif dan efisien bagi pengguna internet, karena dapat membantu bukan hanya meningkatkan traffic website, tapi juga sales lead.

Blog sesungguhnya bersifat sebagai pendamping, namun memiliki kekuatan dan berperan penting untuk ‘jack-up’ website resmi korporat agar meraih ranking di posisi yang tinggi sehingga dapat selalu berada di halaman pertama mesin pencari. 

Society’s Online Behavior Driven 

Di era digital dan handy-mobile seperti saat ini, pelanggan yang puas maupun yang tidak puas dapat dengan mudah menggunakan media sosial untuk menyampaikan opini. Mereka menulis ketika terkesan dengan produk atau layanan menyenangkan, atau ketika yang terjadi adalah sebaliknya, saat mereka kecewa dengan pelayanan yang mereka terima. Pujian maupun kritik pelanggan tak membutuhkan waktu lama untuk menjadi viral di jaringan internet. Yang perlu diperhatikan adalah dampaknya terhadap reputasi brand Anda!

Namun, bagaimana jika seandainya kita dapat mengarahkan society-habit ini menjadi peluang yang menguntungkan perusahaan, bahkan dapat pula meningkatkan reputasi brand? Nah, disinilah, para pengusaha sesungguhnya memiliki kesempatan untuk memainkan peran proaktif mereka yang bertujuan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, sekaligus memperkuat positioning dengan memfokuskan diri dalam hal penyampaian pesan yang tepat kepada target audience yang tepat, daripada membanjiri pasar dengan pesan iklan yang cenderung luput dari perhatian target.


Digital Marketing Communications Bridging Tools ini dapat dipersiapkan sebagai alat pemasaran strategik yang efektif dan relevan demi pengembangan bisnis, positioning, differesiansi sekaligus branding. Kegiatan pemasaran digital ini termasuk proses pengembangan blog korporat, dengan memperhatikan review untuk issue terkait, situs jaring media sosial, dll. Selain opini dan tendensi kustomer, hal lain yang perlu diperhatikan adalah sentimen pasar terhadap reputasi perusahaan dan brand, analisa profil target market secara demografis hingga pengajuan report sebagai bahan review pihak manajemen guna meningkatkan strategi pemasaran.

Blog Becomes Sales Lead 

Seiring dengan kemajuan dibidang teknologi-informasi dan semakin canggihnya fasilitas internet, blog kemudian berubah wujud menjadi salah satu alat komunikasi pemasaran dan PR yang efektif dan efisien, guna mencapai tujuan yang nyata dan terukur bagi para pelaku usaha, praktisi dan konsultan pemasaran.

Konten blog korporat perlu dipertimbangkan dengan matang untuk publikasi, tepatnya harus mengandung unsur-unsur yang bertujuan untuk memperkuat Marketing Mix. Konten blog sepatutnya in-line dengan website resmi perusahaan serta kebutuhan target market. Mengapa demikian? Karena setiap kata dari tulisan yang dipublikasikan lewat blog akan di-index oleh search engine, dimana ketika seseorang mencari informasi tentang topik tertentu ia akan diarahkan ke hasil pencarian terkait dan dapat di-lead ke website resmi.

Contohnya begini, bisnis Anda bergerak dibidang properti dan Anda menulis artikel berjudul “Sewa Apartemen di wilayah eksklusif Menteng, Jakarta Pusat”. Maka ketika seseorang membutuhkan unit apartemen untuk disewa dan ia akan mencari dengan keyword “sewa apartemen”, “apartemen Menteng” atau “sewa apartemen Menteng” maka tulisan di blog korporat Anda akan menjadi salah satu yang konten yang direkomendasikan oleh search engine. Jika beruntung, artikel blog Anda berada di halaman pertama hasil pencarian yang direkomendasikan oleh search engine. 

Semakin rutin Anda mempublikasikan konten yang relevan dibidang properti dan Anda posting secara konsisten, semakin baik mesin mencari mengenali blog dan website resmi Anda.

Tahukah Anda, jika website korporat berada di halaman pertama mesin pencari itu artinya peluang sales sudah 89% dicapai? (Strategi SEO) 

Jadi jika perusahaan Anda bergerak dibidang properti, Anda memiliki tim yang menguasai berbagai hal tentang property dan mereka menulis rekomendasi tentang unit properti atau berbagi pengalaman menghadapi owner dan tenant, berbagi tips tentang dekorasi interior, dll, maka mesin mencari semakin mengenali konten blog Anda yang original, konsisten dan berkarakter sehingga menjadi prioritas hasil pencarian saat orang mencari informasi terkait keyword ‘properti’ serta turunannya (strategi SEO).

Profil blog korporat dan media sosial pendukung yang dikelola dengan baik sudah dipastikan dapat membantu pengusaha, pemasar dan pemilik brand untuk dengan leluasa membangun hubungan sosial yang lebih dekat, baik dengan pelanggan, prospek juga mitra bisnis potensial, dalam skala lokal maupun global, sekaligus mengarahkan upaya kreatif menerobos arah peningkatan reputasi brand. 

Mengapa demikian? Sebab dalam upaya membesarkan skala usaha didunia bisnis yang serba kompetitif ini, yang menjadi hal yang amat vital adalah membangun, menjaga serta memperluas network, disamping juga mengembangkan Digital Marketing Communications secara teknis, yang selama beberapa dekade terakhir telah menjadi strategi pemasaran utama dan penting.

Selain itu, analisa terkait hubungan baik dengan pelanggan serta perilaku mereka di media sosial dapat pula dilakukan untuk mengembangkan inspirasi konten media sosial korporat dalam upaya mempromosikan produk atau jasa, sehingga dapat menjadi semacam iklan yang mengalir dan bersifat natural, karena tidak ada unsur paksaan didalamnya. Teknik ini adalah kesempatan emas dan terlalu sayang untuk Anda lewatkan begitu saja!

Anna Saraswati
Digital Marketing-PR Manager
www.premhouse.com
anna@mediapura.com  

Published in Property-in Magazine VI/2015