Jakarta Selatan Tetap Jadi Wilayah Andalan Bisnis Properti

Premhouse.com JAKARTA | Hingga saat ini, area Jakarta Selatan tetap menjadi pilihan utama bukan hanya bagi developer tetapi juga investor properti dalam melakukan ekspansi bisnis hunian baru. Kecenderungan ini karena Jakarta Selatan memiliki keunggulan dalam hal akses dan sarana transportasi yang menghubungkan wilayah ini dengan pusat bisnis dan ekonomi ibukota Jakarta.

Sebagai salah satu dari lima kota administrasi dan kabupaten administrasi DKI Jakarta yang berbatasan langsung dengan Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, serta Depok, Jakarta Timur dan Tangerang, wilayah Jakarta Selatan memang terbilang amat strategis. Pertumbuhan ekonomi dibidang bisnis properti kian meningkat. Terbukti, meski luas lahan terbilang terbatas, strategi pembangunan hunian vertikal dijadikan sebagai solusinya. Bahkan hunian tapak juga masih terlihat di beberapa lokasi.

Kondisi pertumbuhan properti seperti ini mendongkrak keberadaan bisnis komersial di jalur khusus yang padat dan strategis. Jakarta Selatan menjadi target utama bisnis sewa dan jual properti, baik rumah, apartemen maupun ruko dan pusat pertokoan serta perbelanjaan, yang laris manis. Contohnya lihat saja kawasan Kalibata dan Gading Serpong. 

Lokasi favorit wilayah Jakarta Selatan selain Kalibata adalah Jagakarsa, Kebayoran Baru, Tebet, Cipete, Kemang, Pondok Indah serta Cilandak. Nampaknya Cilandak menjadi unggulan pencarian para ekspatriat karena kemudahan akses bagi mereka yang bekerja di kawasan pusat komersial bisnis TB Simatupang dan sekitarnya. Sedangkan pertimbangan bagi expat yang sudah berkeluarga adalah tersedianya pusat perbelanjaan dan hiburan

Keunggulan Jakarta Selatan

Yang menjadi keunggulan Jakarta Selatan sehingga menjadi wilayah favorit mesin pencari antara lain adalah komposisi yang ideal dari tampilan kota ini. Jika sebelumnya wilayah ini didominasi untuk hunian atau tempat tinggal saja, kini terlihat  adanya komposisi antara tempat tinggal, perkantoran, dan area komersial termasuk pusat perbelanjaan dan hiburan yang bukan hanya untuk pereorangan tapi juga kelurarga, yang berkembang secara seimbang sehingga membuat wilayah ini layak huni. Selain itu, masih bisa didapati lokasi-lokasi yang masih penuh dengan peopohan yang rindang dan taman kota serba hijau sehingga menyejukkan suasana dan udaranya cukup bersih.

Wilayah Pilihan Developer

Beberapa lokasi hunian baru perumahan di lokasi Jagakarsa menambah semarak dunia properti, antara lain Adora Townhouse, Linea Haus, Akasha Jagakarsa, Villa Kanaya serta Griya Torina Keranji. Sementara, wilayah Tebet dan Pondok Indah muncul dalam deretan pencarian properti dijual terpopuler berdasarkan data yang diperoleh dari search engine.

Photo illustration of FamilyMart courtesy of wikimedia.org