Premhouse.com JAKARTA - Memasuki tahun baru, pembangunan properti di kawasan penyangga Jakarta diperkirakan akan menggeliat dan berkembang dalam proyekproyek skala besar. Terutama proyek pusat belanja atau mal besar dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan warga kaum urban. Salah satunya Mall Festive Walk Galuh Mas Karawang di Karawang, Jawa Barat. Sebelumnya beberapa tenant telah beroperasi sejak Mei 2015, sebut saja Matahari Department Store, Ichiban Sushi, Ta Wan, O Crepes, Eprise, dan Fun World.
Berlokasi di pusat hunian dan komersial Galuh Mas Karawang, Mall
Festive Walk yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektare ini telah
memulai pembangunannya sejak 2013. Sebagai salah satu keunggulannya,
Mall Festive Walk terintegrasi dengan Wonderland Adventure Waterpark
(WAW) dan Karawang Central Plaza dengan sky bridge (jembatan penghubung).
Sky bridge dibangun untuk mempermudah pengunjung untuk menikmati
fasilitas komersial di Galuh Mas dengan rasa nyaman dan aman. Sebelumnya
sky bridge yang menghubungkan Mall Karawang Central Plaza dan Mall
Technomart telah hadir pada Mei tahun ini. Memiliki tagline “ Eat, Chat
& Fun” , Mall Festive Walk akan segera memuaskan dahaga masyarakat
Karawang akan kebutuhan entertainment dan gaya hidup dengan pusat
kuliner, resto unik, food truck, hotel budget juga rentetan tenant yang
sudah ditunggu-tunggu masyarakat Karawang.
Adapun sejumlah tenant Mall Festive Walk, di antaranya, Matahari,
Cool Kids, Eprise, Hammer, Optik Melawai, seperti Ichiban Sushi, Tawan,
Tea Garden, Shiny Tea, Eat & Eat dan masih banyak lagi. Tanpa
melupakan kebutuhan entertainment masyarakat Karawang, Mall Festive Walk
menghadirkan CGV Blitz, Inul Vista, Festive Land, Mokko Cafe dan masih
banyak lagi.
Untuk para pencinta kuliner dengan tenant berkualitas, Festive Walk
Galuh Mas akan menghadirkan Taman Galuh, sebuah pusat kuliner modern
dengan sejumlah tenant besar ternama. Corporate Promotion Manager Galuh
Mas Heru Mahad mengatakan, pihaknya sangat bangga mempersembahkan Mall
Festive Walk kepada masyarakat Karawang.
Dengan pesatnya gaya hidup dan informasi saat ini, Festive Walk
diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Karawang, khususnya
entertainment dan gaya hidup. “Hadirnya Festive Walk juga menjadikan
salah satu bukti bahwa Galuh Mas adalah pusat hunian dan komersial yang
paling terdepan di Karawang.
Menjadi kota mandiri pertama di Karawang adalah target Galuh Mas Karawang ke depannya,” ujarnya. Bersamaan dengan itu, Galuh Mas Karawang kembali meluncurkan program Galuh Mas Privilege Card. Galuh Mas Privilege Card adalah kartu milik pusat hunian dan komersial Galuh Mas Karawang yang memiliki banyak fungsi.
Menjadi kota mandiri pertama di Karawang adalah target Galuh Mas Karawang ke depannya,” ujarnya. Bersamaan dengan itu, Galuh Mas Karawang kembali meluncurkan program Galuh Mas Privilege Card. Galuh Mas Privilege Card adalah kartu milik pusat hunian dan komersial Galuh Mas Karawang yang memiliki banyak fungsi.
Dengan kartu ini, pemilik berhak mendapat potongan harga saat
berbelanja di beberapa tenant tertentu di Mal Karawang Central Plaza
(KCP), Technomart, Festive Walk, diskon tiket masuk Wonderland Adventure
Waterpark (WAW), serta fasilitas Club House dan Futsal KCP.
Program ini telah sukses digelar selama dua periode sejak 2014.
Selain potongan harga, pemilik kartu ini juga berhak mengikuti undian
berhadiah mobil, motor, perlengkapan elektronik, smartphone dan voucher
belanja. Setiap transaksi belanja sebesar Rp100.000 di hunian maupun
sentra komersial seperti Mall KCP, Technomart, dan Festive Walk
pengunjung berhak atas satu buah kupon undian.
Pengundian berlangsung sebulan sekali secara langsung di depan para
pengunjung. Sementara itu, Kawan Lama Group membuka retail terbaru di
Living Plaza Bintaro di Jalan Bintaro Utama Raya Sektor CBD, yang
sebelumnya bernama ACEInforma. Selain berubah nama, gedung yang
sebelumnya menghadirkan sejumlah tenant dari Kawan Lama Retail seperti
ACE, Informa, Chatime, dan Bike Colony kini memperluas gedungnya dan
menambah satu tenant, yaitu Toys Kingdom.
Hadirnya Living Plaza Bintaro akan
memberikan warna bagi pelanggan, khususnya area Bintaro, dengan konsep
one stop shopping . Mulai dari kebutuhan produk perkakas, alat rumah
tangga, furnitur, produk mainan anak-anak, elektronik dan kamera, dan
sebagainya yang bisa ditemukan dalam satu gedung sehingga pelanggan
tidak perlu pergi ke lokasi lain untuk mendapatkan itu semua.
Sama seperti ACE, Informa Living Plaza Bintaro juga memperluas area
dari 2.300 meter persegi dengan 5.000 jenis produk menjadi 6.000 meter
persegi dengan lebih dari 6.500 jenis produk dari berbagai kategori
seperti living, dining, kitchen, commercial table & chairs, office,
kept concept, bedroom, kids, mattres dan juga berbagai koleksi keperluan
rumah tangga, seperti home decore, home textile & household.
Di Living Plaza Bintaro, ACE kini menjadi lebih luas dan lengkap.
Sebelumnya ACE memiliki luas 2.300 meter persegi dengan jumlah produk
lebih dari 18.000 jenis. Saat ini luasnya menjadi lebih dari 5.000 meter
persegi dengan lebih dari 21.000 jenis produk yang terbagi menjadi 17
departemen, yaitu kitchenware, sport & bike, appliances,
miscellaneous, tools, safe & locker, cleaning, automotive, home
living, lawn & garden, outdoor living & outdoor furniture,
aquapet, plumbing & sanitary, hardware, paint, lightingmdan
electrical .
Mengusung konsep “Do It Yourself”, ACE tidak hanya menyediakan
barang-barang yang fungsional, juga memberikan pengetahuan mengenai cara
menginstal, menggunakan, dan memelihara produk dengan benar. Sementara,
konsep “The Helpful Place” menjadi jawaban dari kebutuhan masyarakat
terhadap kebutuhan sehari-hari.
Selain koleksi produk yang lengkap, ACE selalu berinovasi untuk
memberikan pelayanan terbaik seperti presales dan after-sales , gratis
layanan antar, gratis instalasi, jaminan harga terbaik, kebijakan
pengembalian selama 14 hari, serta membership . Selain itu tersedia jasa
pengiriman dan konsultasi desain tiga dimensi (3D) yang akan membantu
dalam mendesain isi rumah hingga pemilihan produk.
INFORMA juga memberikan perlindungan dari bencana alam, kebakaran,
atau huru-hara terhadap furnitur kesayangan Anda melalui fasilitas
Furniture Protection . Di tempat berbeda, PT Matahari Department Store
Tbk menambah satu gerai baru pada tahun ini yang terletak di Kota
Bekasi.
Gerai tersebut merupakan gerai ke-140 milik perseroan. Corporate
Secretary & Legal Director Matahari Miranti Hadisusilo mengatakan
gerai tersebut adalah gerai ke-9 yang diresmikan perseroan pada tahun
ini yang disebut dengan Matahari Revo Town Bekasi. Gerai baru tersebut
mempunyai luas 6.700 meter persegi.
“Tahun ini perseroan telah menambah gerainya di Kota Singkawang, Buton, Kupang, Karawang, Yogyakarta, Lombok, dan dua gerai di Jakarta. Kehadiran gerai baru di Bekasi ini menjadi gerai ke-5 perseroan yang terletak di wilayah Bekasi,” katanya. Menurut dia, Kota Bekasi merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang semakin berkembang, dan menjadi tempat tinggal kaum urban.
“Tahun ini perseroan telah menambah gerainya di Kota Singkawang, Buton, Kupang, Karawang, Yogyakarta, Lombok, dan dua gerai di Jakarta. Kehadiran gerai baru di Bekasi ini menjadi gerai ke-5 perseroan yang terletak di wilayah Bekasi,” katanya. Menurut dia, Kota Bekasi merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang semakin berkembang, dan menjadi tempat tinggal kaum urban.
Selain itu, Kota Bekasi dikenal sebagai sentra industri yang cukup
padat. Setiap pengembangan gerai baru, Matahari mengeluarkan dana
sekitar Rp30 miliar hingga Rp40 miliar. Miranti mengemukakan, seluruh
pembiayaan pengembangan tersebut bersumber dari kas internal.
President Director PT Kilap Propertindo Percy Marimba mengatakan,
tahap awal metamorfosa Bekasi Square akan mengalami perubahan total dari
facade gedung dan tenancy mix dengan bergabungnya Matahari sebagai
anchor tenant mulai 17 September 2015.
“Saat ini Revo Town bisa dikatakan satu-satunya mal di Bekasi yang
menyediakan tenant tekstil terbesar dan terlengkap dengan menyasar
target market B dan C+ (menengah atas dan bawah),” katanya. (rzk)
Photo courtesy of crestrisk.co.za