Properti Komersial di Pinggiran Jakarta


Premhouse.com JAKARTA - Memasuki tahun baru, pembangunan properti di kawasan penyangga Jakarta diperkirakan akan menggeliat dan berkembang dalam proyekproyek skala besar. Terutama proyek pusat belanja atau mal besar dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan warga kaum urban. Salah satunya Mall Festive Walk Galuh Mas Karawang di Karawang, Jawa Barat. Sebelumnya beberapa tenant telah beroperasi sejak Mei 2015, sebut saja Matahari Department Store, Ichiban Sushi, Ta Wan, O Crepes, Eprise, dan Fun World.

Berlokasi di pusat hunian dan komersial Galuh Mas Karawang, Mall Festive Walk yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektare ini telah memulai pembangunannya sejak 2013. Sebagai salah satu keunggulannya, Mall Festive Walk terintegrasi dengan Wonderland Adventure Waterpark (WAW) dan Karawang Central Plaza dengan sky bridge (jembatan penghubung).

Sky bridge dibangun untuk mempermudah pengunjung untuk menikmati fasilitas komersial di Galuh Mas dengan rasa nyaman dan aman. Sebelumnya sky bridge yang menghubungkan Mall Karawang Central Plaza dan Mall Technomart telah hadir pada Mei tahun ini. Memiliki tagline “ Eat, Chat & Fun” , Mall Festive Walk akan segera memuaskan dahaga masyarakat Karawang akan kebutuhan entertainment dan gaya hidup dengan pusat kuliner, resto unik, food truck, hotel budget juga rentetan tenant yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat Karawang.

Adapun sejumlah tenant Mall Festive Walk, di antaranya, Matahari, Cool Kids, Eprise, Hammer, Optik Melawai, seperti Ichiban Sushi, Tawan, Tea Garden, Shiny Tea, Eat & Eat dan masih banyak lagi. Tanpa melupakan kebutuhan entertainment masyarakat Karawang, Mall Festive Walk menghadirkan CGV Blitz, Inul Vista, Festive Land, Mokko Cafe dan masih banyak lagi.

Untuk para pencinta kuliner dengan tenant berkualitas, Festive Walk Galuh Mas akan menghadirkan Taman Galuh, sebuah pusat kuliner modern dengan sejumlah tenant besar ternama. Corporate Promotion Manager Galuh Mas Heru Mahad mengatakan, pihaknya sangat bangga mempersembahkan Mall Festive Walk kepada masyarakat Karawang.

Dengan pesatnya gaya hidup dan informasi saat ini, Festive Walk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Karawang, khususnya entertainment dan gaya hidup. “Hadirnya Festive Walk juga menjadikan salah satu bukti bahwa Galuh Mas adalah pusat hunian dan komersial yang paling terdepan di Karawang.

Menjadi kota mandiri pertama di Karawang adalah target Galuh Mas Karawang ke depannya,” ujarnya. Bersamaan dengan itu, Galuh Mas Karawang kembali meluncurkan program Galuh Mas Privilege Card. Galuh Mas Privilege Card adalah kartu milik pusat hunian dan komersial Galuh Mas Karawang yang memiliki banyak fungsi.

Dengan kartu ini, pemilik berhak mendapat potongan harga saat berbelanja di beberapa tenant tertentu di Mal Karawang Central Plaza (KCP), Technomart, Festive Walk, diskon tiket masuk Wonderland Adventure Waterpark (WAW), serta fasilitas Club House dan Futsal KCP.

Program ini telah sukses digelar selama dua periode sejak 2014. Selain potongan harga, pemilik kartu ini juga berhak mengikuti undian berhadiah mobil, motor, perlengkapan elektronik, smartphone dan voucher belanja. Setiap transaksi belanja sebesar Rp100.000 di hunian maupun sentra komersial seperti Mall KCP, Technomart, dan Festive Walk pengunjung berhak atas satu buah kupon undian.

Pengundian berlangsung sebulan sekali secara langsung di depan para pengunjung. Sementara itu, Kawan Lama Group membuka retail terbaru di Living Plaza Bintaro di Jalan Bintaro Utama Raya Sektor CBD, yang sebelumnya bernama ACEInforma. Selain berubah nama, gedung yang sebelumnya menghadirkan sejumlah tenant dari Kawan Lama Retail seperti ACE, Informa, Chatime, dan Bike Colony kini memperluas gedungnya dan menambah satu tenant, yaitu Toys Kingdom.

Hadirnya Living Plaza Bintaro akan memberikan warna bagi pelanggan, khususnya area Bintaro, dengan konsep one stop shopping . Mulai dari kebutuhan produk perkakas, alat rumah tangga, furnitur, produk mainan anak-anak, elektronik dan kamera, dan sebagainya yang bisa ditemukan dalam satu gedung sehingga pelanggan tidak perlu pergi ke lokasi lain untuk mendapatkan itu semua.

Sama seperti ACE, Informa Living Plaza Bintaro juga memperluas area dari 2.300 meter persegi dengan 5.000 jenis produk menjadi 6.000 meter persegi dengan lebih dari 6.500 jenis produk dari berbagai kategori seperti living, dining, kitchen, commercial table & chairs, office, kept concept, bedroom, kids, mattres dan juga berbagai koleksi keperluan rumah tangga, seperti home decore, home textile & household.

Di Living Plaza Bintaro, ACE kini menjadi lebih luas dan lengkap. Sebelumnya ACE memiliki luas 2.300 meter persegi dengan jumlah produk lebih dari 18.000 jenis. Saat ini luasnya menjadi lebih dari 5.000 meter persegi dengan lebih dari 21.000 jenis produk yang terbagi menjadi 17 departemen, yaitu kitchenware, sport & bike, appliances, miscellaneous, tools, safe & locker, cleaning, automotive, home living, lawn & garden, outdoor living & outdoor furniture, aquapet, plumbing & sanitary, hardware, paint, lightingmdan electrical .

Mengusung konsep “Do It Yourself”, ACE tidak hanya menyediakan barang-barang yang fungsional, juga memberikan pengetahuan mengenai cara menginstal, menggunakan, dan memelihara produk dengan benar. Sementara, konsep “The Helpful Place” menjadi jawaban dari kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan sehari-hari.

Selain koleksi produk yang lengkap, ACE selalu berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik seperti presales dan after-sales , gratis layanan antar, gratis instalasi, jaminan harga terbaik, kebijakan pengembalian selama 14 hari, serta membership . Selain itu tersedia jasa pengiriman dan konsultasi desain tiga dimensi (3D) yang akan membantu dalam mendesain isi rumah hingga pemilihan produk.

INFORMA juga memberikan perlindungan dari bencana alam, kebakaran, atau huru-hara terhadap furnitur kesayangan Anda melalui fasilitas Furniture Protection . Di tempat berbeda, PT Matahari Department Store Tbk menambah satu gerai baru pada tahun ini yang terletak di Kota Bekasi.

Gerai tersebut merupakan gerai ke-140 milik perseroan. Corporate Secretary & Legal Director Matahari Miranti Hadisusilo mengatakan gerai tersebut adalah gerai ke-9 yang diresmikan perseroan pada tahun ini yang disebut dengan Matahari Revo Town Bekasi. Gerai baru tersebut mempunyai luas 6.700 meter persegi.

“Tahun ini perseroan telah menambah gerainya di Kota Singkawang, Buton, Kupang, Karawang, Yogyakarta, Lombok, dan dua gerai di Jakarta. Kehadiran gerai baru di Bekasi ini menjadi gerai ke-5 perseroan yang terletak di wilayah Bekasi,” katanya. Menurut dia, Kota Bekasi merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang semakin berkembang, dan menjadi tempat tinggal kaum urban.

Selain itu, Kota Bekasi dikenal sebagai sentra industri yang cukup padat. Setiap pengembangan gerai baru, Matahari mengeluarkan dana sekitar Rp30 miliar hingga Rp40 miliar. Miranti mengemukakan, seluruh pembiayaan pengembangan tersebut bersumber dari kas internal.

President Director PT Kilap Propertindo Percy Marimba mengatakan, tahap awal metamorfosa Bekasi Square akan mengalami perubahan total dari facade gedung dan tenancy mix dengan bergabungnya Matahari sebagai anchor tenant mulai 17 September 2015.

“Saat ini Revo Town bisa dikatakan satu-satunya mal di Bekasi yang menyediakan tenant tekstil terbesar dan terlengkap dengan menyasar target market B dan C+ (menengah atas dan bawah),” katanya. (rzk)

Photo courtesy of crestrisk.co.za